Bahayakah memakan buah berlilin?

Bahayakah memakan buah berlilin?
Buah anggur berlapis lilin
Bahayakah memakan buah berlilin? - Mungkin, tidak banyak orang yang mengetahui, bahwa buah buahan seperti apel, anggur, pir dan buah buahan impor lainnya yang dijual disupermarket, dilapisin lilin agar terlihat segar, licin, dan cantik. Buah yang berlapis lilin, teksturnya akan lebih kesat dan akan terlihat seperti embun berwarna putih. Untuk menghilangkan lilin tersebut, cukup dengan mencuci dengan air sampai bersih. Bahkan orang memilih untuk menguliti sebelum memakannya.

Lalu, bagaimana bila lapisan lilin tersebut termakan? Amankah buah yang kita konsumsi tersebut?

Secara alami, buah mengeluarkan lapisan lilin atau wax untuk melapisi permukaan kulitnya yang bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesegaran buah tersebut. Namun, saat proses panen, lilin akan hilang karena dicuci oleh petani. namun perusahaan yang mengimpor buah tersebut, akan melapisi buah tersebut dengan wax atau lilin buatan. Lilin buatan memiliki struktur yang mirip dengan lilin alami yang dikeluarkan buah. dengan adanya lilin buatan ini, penguapan dapat dicegah sehingga membuat buah lebih segar dan y=tidak cepat rusak. 

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika, lapisan lilin yang dipakai pada buah-buahan berasal dari bahan alami (non petroleum-based) dan aman dipakai untuk semua jenis makanan.

Untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mengandung wax atau tidak, cari tulisan pada kemasan berupa 'Coated with food-grade vegetable-, petroleum-, beeswax-, atau shellac- based wax atau resin to maintain freshness'.

Bahayakah memakan buah berlilin? Wax yang digunakan untuk melapisi buah dan sayur adalah wax jenis food grade (khusus untuk makanan), terbuat dari madu atau yang terbuat dari tanaman. Wax bersifat 'indegistible' maka wax tidak akan dapat hancur oleh enzim pencernaan dan tidak dapat diserap oleh tubuh tapi  aman apabila termakan oleh manusia.

Namun jika Anda masih merasa khawatir mengonsumsi buah-buahan yang mengandung lilin, sebaiknya:

1. Cuci buah terlebih dahulu sebelum dimakan tapi jangan cuci jika akan disimpan karena akan cepat rusak.
2. Karena wax adalah lemak, maka cucilah menggunakan air hangat agar wax dapat cepat larut dalam air atau gunakan cairan khusus untuk mencuci sayur dan buah.
3. Jika masih ragu, sebaiknya konsumsi buah yang sudah dikupas karena wax tidak akan dapat menembus hingga ke daging buah.

Semoga Artikel saya bermanfaat. :)
If you want to copying my articles, please put my url into your site. Thanks for your appreciated.

0 Response to "Bahayakah memakan buah berlilin?"

Post a Comment

.